efek hujan

Rabu, 28 Januari 2015

Gresik Kota Pudak bagian timur Pulau Jawa


Nilai Budaya

Kabupaten gresik memiliki obyek dan daya tarik wisata yang sangat beraneka ragam antara lain adalah : Obyek dan daya tarik wisata, yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu : wisata alam, wisata budaya, wisata minat khusus, usaha sarana pariwisata, usaha jasa pariwisata dan usaha rekreasi dan hiburan umum yan ada di tiap-tiap daerah dalam wilayah Kabupaten Gresik.

Wisata alam sebagian besar berada di wilayah pulau Bawean, sedangkan wisata yang lain tersebar di daerah daratan.

Sebagaimana hasil liputan data visual dan foto obyek wisata sebagai bahan informasi usaha kepariwisataan yang dikerjakan oleh Dinas Pariwisata Informasi dan Komunikasi Kabupaten Gresik tahun 2002, telah menghasilkan kumpulan data dan informasi tentang usaha-usaha kepariwisataan sebagai berikut :

a. Obyek dan daya tarik wisata budaya di Kabupaten Gresik
b. Obyek dan daya tarik wisata alam di Kabupaten Gresik
c. Obyek dan Daya tarik wisata minat khusus di Kabupaten Gresik.

Pada dasarnya obyek wisata budaya merupakan potensi unggulan di wilayah Kabupaten Gresik. Hal ini karena obyek wisata budaya tersebar di seluruh wilayah baik di wilayah daratan dan Pulau Bawean, antara lain :

Kuliner kota gresik
Di kota gresik terdapat bnyak macam kuliner khasnya,seperti nasi krawu, Nasi krawu merupakan makanan khas dari daerah Gresik, Jawa Timur. Cirinya adalah nasinya yang pulen dan disajikan dengan daun pisang. Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng.dan ada juga pudak, Pudak adalah makanan atau kue Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Makanan ini terbuat dari bahan tepung beras, gula pasir/gula jawa dan santan kelapa yang dimasukkan kemasan yang disebut "Ope" yaitu pelepah daun pinang.
Pudak juga ada yang berbahan sagu dan disebut Pudak Sagu. Pada perkembangannya, ragam pudak tidak terbatas 3 rasa macam saja seperti sebelumnya: pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula jawa) dan pudak sagu. Oleh kreatifitas pembuat kue pudak untuk merebut pasar, maka ragam dan rasa pudak pun bertambah, diantaranya pudak pandan yang berwarna hijau dan harum karena campuran sari daun pandan. Disamping rasa yang khas, bentuk kemasan pudak tidak ada yang menyamai di antara jajanan manapun. Dari bahan yang sudah mulai langka, pembuatannya pun tidak sederhana. Pangkal pelepah daun pinang harus disamak lebih dahulu untuk memisahkan kulit luar dan kulit dalam. Kulit bagian dalam inilah yang dimanfaatkan. Setelah dibersihkan dan dipotong-potong sesuai ukuran, kemudian dilipat dan dijahit dengan alur seperti huruf L tanpa sudut, sehingga sisi dan dasarnya tertutup dan membentuk ruang seperti gelas. Setelah adonan dituangkan, ujung kemasan yang terbuka dikuncupkan dan diikat. Baru dikukus,dan masih banyak lagi kuliner khas kota Gresik seperti :
·         Sego rumo
·         Otak-otak bandeng
·         Bonggolan
·         Jubung
·         Ayas
·         Ubus
·         Gajih pinggir
·         Bontosan Giri yang hanya ada di daerah sekitar makam Sunan Giri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar